Survey Kepuasan Masyarakat 2018

Survey Kepuasan Masyarakat 2018

Category : Uncategorized

Spread the love

SURVEI KEPUASAN MASYARAKAT

PUSKESMAS TEMBELANG PERIODE 2018

Latar Belakang

Pelayanan publik yang dilakukan oleh aparatur pemerintah  saat ini dirasakan belum memenuhi harapan  masyarakat. Hal ini dapat diketahui dari berbagai keluhan  masyarakat yang disampaikan melalui media massa dan jejaring sosial. Demikian juga dalam pelayanan kesehatan, keluhan masyarakat terhadap pelayanan kesehatan juga banyak dijumpai. Tentunya keluhan tersebut, jika tidak ditangani memberikan  dampak buruk bagi pemerintah. Lebih jauh lagi adalah dapat menimbulkan ketidakpercayaan masyarakat.

Salah satu upaya yang harus dilakukan dalam perbaikan pelayanan kesehatan adalah dengan melakukan survei kepuasan  masyarakat kepada pengguna layanan dengan mengukur tingkat kepuasan masyarakat terhadap pelayanan kesehatan.

Dengan telah selesainya pelaksanaan survei kepuasan masyarakat terhadap pelayanan yang dilaksanakan Puskesmas Tembelang di wilayah kerjanya pada Desember 2018, maka perlu disusun laporan akhir hasil survei kepuasan  masyarakat di Puskesmas Tembelang.

 

  • Metode Survei

Pelaksanaan survei menggunakan pendekatan metode kualitatif dengan pengukuran menggunakan Skala Likert. Skala Likert adalah suatu skala psikometrik yang umum digunakan dalam kuisioner dan yang paling banyak digunakan dalam riset berupa survei serta dapat digunakan untuk mengukur sikap, pendapat dan  persepsi seseorang atau sekelompok orang terhadap suatu jenis pelayanan. Pada Skala Likert responden diminta untuk menentukan persetujuan mereka terhadap suatu pernyataan dengan memilih salah satu pilihan yang tersedia.

  • Teknik Pengumpulan Data

Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara atau menanyakan unsur-unsur pelayanan kepada masyarakat. Dan kemudian dituangkan dalam kuisioner.

Besaran populasi diambil dari jumlah penduduk di wilayah kerja Puskesmas Tembelang. Sedangkan jumlah sampel diambil dengan menggunakan tabel sampel dari Krejcie and Morgan. Jumlah sampel 380 responden.

  • Waktu dan Lokasi Survei

Waktu pelaksanaan pengumpulan data bila di desa menyesuaikan jadwal kegiatan Bidan desa, sedangkan yang di Ruang Tunggu Puskesmas dilaksanakan saat pengunjung menunggu antrian pelayanan.

Lokasi pengumpulan data adalah di masing-masing desa wilayah kerja Puskesmas Tembelang dan di Ruang Tunggu Puskesmas Tembelang.

  • Hasil Survei
No Unsur Pelayanan Nilai IKM Interpretasi IKM
1 Kesesuaian persyaratan untuk mendapatkan pelayanan 77,96 BAIK
2 Kemudahan prosedur untuk mendapatkan pelayanan 77,83 BAIK
3 Kecepatan petugas dalam memberikan pelayanan 74,87 KURANG BAIK
4 Kewajaran biaya / tarif dalam mendapatkan pelayanan 78,95 BAIK
5 Kesesuaian pelayanan yang dicantumkan pada daftar dengan pelayanan yang dilaksanakan 76,32 KURANG BAIK
6 Kemampuan petugas dalam memberikan pelayanan 77,30 BAIK
7 Kesopanan dan keramahan petugas dalam memberikan pelayanan 77,63 BAIK
8 Kualitas sarana dan prasarana dalam pelayanan 75,46 KURANG BAIK
9 Kejelasan penanganan pengaduan pengguna pelayanan 83,75 BAIK

Dari 9 unsur pelayanan yang diajukan kepada responden, pada 6 unsur pelayanan mendapat nilai IKM dengan interpretasi “BAIK”, namun terdapat 3 unsur yang dinilai “KURANG BAIK” yaitu pada unsur kecepatan pelayanan, unsur kesesuaian pelayanan yang dicantumkan pada daftar dengan pelayanan yang dilaksanakan dan unsur sarana prasarana pelayanan.

Nilai IKM terbaik pada unsur kejelasan penanganan pengaduan pelanggan. Namun pada unsur ini, terdapat 7 responden yang menjawab tidak ada penanganan pengaduan pelanggan. Bisa diartikan bila responden tidak memahami proses penanganan pengaduan pelanggan di Puskesmas Tembelang. Nilai terbaik kedua adalah unsur tarif pelayanan, dimana dapat diartikan karena masyarakat pengguna layanan di Puskesmas Tembelang sebagian besar peserta BPJS sehingga dalam memperoleh pelayanan adalah “gratis”.

Setelah dilakukan pengolahan data, didapatkan nilai SKM sebesar 3,08. Kemudian dilakukan perkalian antara nilai SKM dengan angka konversi 25, sehingga didapatkan nilai IKM 77,01.


Spread the love

agenda lokmin april 2019

Bupati – Wakil Bupati Jombang- ( MUNDJIDAH-SUMRAMBAH )

perokok pasif lebih berbahaya

March 2019
M T W T F S S
    Apr »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031

cara mengoperasikan survei kepuasan pasien

  1. survei ini hanya untuk pasien puskesmas tembelang.
  2. baca pertanyaan
  3. klick puas atau tidak puas
  4. klick vote
  5. selesai
  6. satu nope hanya berhak sekali klick.
  7. terima kasih

Survei Kepuasan Pasien

Bagaimana pelayanan di Ruangan KB ?

View Results

Loading ... Loading ...

visitors located