Pemicuan STBM di dusun Kedungmangu desa Kedunglosari Tembelang Jombang

Pemicuan STBM di dusun Kedungmangu desa Kedunglosari Tembelang Jombang

Category : Uncategorized

Spread the love

puskesmastembelang.com. 16/12/2019. Sanitasi Total Berbasis Masyarakat ( STBM ) merupakan kegiatan pemberdayaan masyarakat agar masyarakat mampu mandiri untuk mengimplimentasikan sanitasi di masyarakat secara mandiri sehingga tercipta masyarakat yang sehat.  

Pemicuan STBM di laksanakan oleh puskesmas tembelang di desa Kedungmangu desa Kedunglosari pada tanggal 26 Oktober 2019. Kegiatan ini dilakukan dalam rangka meningkatkan akses masyarakat terhadap jamban sehat. Dengan Jamban sehat diharapkan desa Kedunglosari menjadi Off Defecation Free (ODF).

Kegiatan STBM di dusun Kedungmangu Kedunglosari diikuti oleh 20 orang yang belum mempunyai jamban. Acara STBM ini di mulai dengan pembukaan yang disampaikan oleh kepala puskesmas tembelang dr Puguh Hari Subagia,M.Si dan dilanjutkan penyuluhan  oleh Ika Maulidyah,SKM sebagai penanggungjawab program Kesling. Kegiatan ini juga di ikuti oleh bidan desa setempat bidan Maria Octavianus,A.Md.Keb.

Selain penyuluhan juga dilakukan tinjauan lapangan untuk melihat tempat buang air besar di sungai dan di pekarang. Peserta sangat percaya diri sekali dengan diselingi candaan  menunjukan tempat BAB mereka yang disembarang tempat tersebut. Mereka juga tak segan-segan menunjukan cara BAB di sembarang tempat tersebut.

Setelah di lapangan semua peserta pemicuan kembali ke tempat semula untuk dilakukan simulasi tentang BAB sembarang tempat. Beberapa alat peraga telah disiapkan oleh petugas diantaranya adalah tepung untuk membuat peta wilayah dan dedak untuk membuat tinja. Dengan memperagakan semua kegiatan mereka selama buang air disembarang tempat maka mereka menyadari betapa kotornya lingkungan mereka dengan membuang air besar sembarang tempat.

Masyarakat sebetulnya sadar bahwa membuang air besar sembarang tempat merupakan sumber penyakit. Namun mereka belum mampu untuk membuat jamban sendiri. Dengan pemicuan ini masyarakat kedungmangu desa Kedunglosari semakin sadar semakin mampu untuk berusaha dengan giat agar mempunyai jamban.phs.

(Visited 115 times, 1 visits today)

Leave a Reply

TERJEMAHAN/TRANSLATE

Data corona virus 19 dunia

Cegah DBD dengan 3M plus

CEGAH DBD DENGAN 3 M PLUS TIAP JUM'AT

Lokasi pengunjung

Pengunjung online

× Pengaduan dan saran