Penyuluhan Adaptasi Kebiasaan Baru Era Pandemi Covid-19 bagi Bapak Ibu Guru SDN 2 Mojokrapak

Penyuluhan Adaptasi Kebiasaan Baru Era Pandemi Covid-19 bagi Bapak Ibu Guru SDN 2 Mojokrapak

Category : Uncategorized

Spread the love

Pandemi covid-19 masih belum berakhir, hal tersebut dibuktikan dengan masih adanya penambahan jumlah penderita covid-19. Di kabupaten Jombang sendiri, grafik penderita covid-19 sudah mengalami penurunan dengan jumlah kasus terkonfirmasi positif covid-19 pada tanggal 21 Agustus 2020 sebanyak 637 kasus, sehingga sebagian besar wilayah kabupaten Jombang masih dalam keadaan zona merah.

Kondisi wilayah yang masih berstatus zona merah menyebabkan proses belajar mengajar di sekolah masih dihentikan agar tidak terjadi penularan covid-19 di lingkungan sekolah. Meskipun para siswa belajar dari rumah, namun Bapak dan Ibu guru masih wajib datang ke sekolah, sehingga ada potensi terjadinya kerumunan. Oleh sebab itu perlu adanya edukasi bagi Bapak Ibu guru tentang adaptasi kebiasaan baru di sekolah.

Pada kesempatan ini pihak Puskesmas Tembelang melakukan penyuluhan tentang adaptasi kebiasaan baru di sekolah kepada Bapak dan Ibu Guru di SDN Mojokrapak 2 dengan tetap menerapkan protokol kesehatan, yaitu jaga jarak dan selalu menggunakan masker. Penyuluhan dilaksanakan oleh Mauludiyanawati, S.KM dan Hamidah Mulyani, S.KM selaku penanggung jawab kesling dan promkes di puskesmas Tembelang.

Adapatasi kebiasaan baru di lingkungan sekolah antara lain 1. Tetap menerapkan social distancing, 2. Mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, 3. Menggunakan masker (meskipun sedang berbincang dengan teman kerja), 4. Menggunakan hand sanitizer, 5. Meningkatkan imunitas tubuh dengan cara makan-makanan bergizi seimbang dan melakukan aktivitas fisik yang rutin. Pada kesempatan ini petugas juga melakukan penekanan pada penggunaan masker, karena sebagian besar masyarakat akan membuka maskernya ketika berbincang dengan teman kerjanya, padahal hal tersebut sangat berpotensi besar pada penularan covid-19.

Dengan adanya penyuluhan tersebut diharapkan Bapak Ibu guru dapat meningkatkan kewaspadaan penularan covid 19 di lingkungan sekolah dengan cara menerapkan Adaptasi Kebiasaan Baru di Lingkungan Sekolah.

(Visited 16 times, 1 visits today)

Leave a Reply

TERJEMAHAN/TRANSLATE

Data corona virus 19 dunia

Cegah DBD dengan 3M plus

CEGAH DBD DENGAN 3 M PLUS TIAP JUM'AT

Lokasi pengunjung

Pengunjung online

× Pengaduan dan saran