Manual Mutu atau Pedoman Mutu Puskesmas

Spread the love

Manual mutu atau pedoman mutu merupakan pedoman dalam menyelenggaraan upaya puskesmas yang harus di pahami dan di laksanakan oleh semua kepala puskesmas, penanggungjawab UKM/UKP serta penanggungjawab program. 

Pedoman yang digunakan untuk menyusun manual mutu puskesmas adalah pedoman penyusunan dokumen dari kemenkes. Berbagai macam contoh terkait dengan manual mutu sudah cukup banyak baik di browsing maupun pelatihan secara langsung baik pelatihan yang sepintas atau hanya garis besarnya saja atau pelatihan khusus manual mutu dengan contoh detailnya. 

Menyusun manual mutu tidak gampang karena perlu ada pelatihan dan contoh format manual mutu sehingga memudahkan semuanya pembaca untuk menyusun manual mutu menyesuaikan kondisi puskesmas masing-masing.

Semakin detail dan rinci penulisan manual mutu maka semakin baik mudah untuk melaksanakan manual mutu ini. 

Dalam akreditasi puskesmas ternyata survior menanyakan proses penyusunan manual mutu serta bukti penyusunan. Untuk itu bagi yang akreditasi dan reakreditasi harus membuat dokumen telusur proses penyusunan manual mutu dan tidak hanya mempunyai manual mutu yang bisa copy paste. Sehingga harus membuat rekam dokumen undangan atau nota dinas, bukti notulen, daftar hadir, dokumen foto kegiatan penyusunan maual mutu.

Untuk contoh manual mutu bisa di download sebagai reference penyusunan manual mutu dibawah ini.

(Visited 12,191 times, 7 visits today)

Mungkin Anda juga menyukai

3 Respon

  1. yuni berkata:

    terima kasih share nya…bisa kami gunakan untuk referensi.

  2. puguh subagia berkata:

    terima kasih sudah berkunjung

  3. Nurhasanah berkata:

    terima kasih untuk tambahan referensinya 🙏

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

× Pengaduan dan saran